Tuesday, November 10, 2015

Cara Membuat Alarm di Terminal Linux


Hallo pengguna linux, Salam opensource. Seorang freak tidak pernah kehabisan akal untuk melakukan sesuatu yg freak. Wahai para pembenci matahari. Kalian susah bangun tidur ? malas nyetel alarm hp ? Sukanya ngegrepein laptop sambil ngoprek linux ngerjain yg aneh2 ? Ini ada script alarm yg bisa nyetel musik lingsir wengi malam2 kalau kalian susah tidur, tapi set manual hahaha.
Script ini berupa bahasa bash, yg bisa kalian running langsung di terminal tanpa dicompile, cukup chmod +x wae. Oke ini scriptnya

#!/bin/bash
echo
echo
echo "-------------------------------"
echo -n " Alarm diatur pukul : "
echo $@
echo "-------------------------------"

until [[ "$@" = `date +"%T"` ]]
do
        true;
done
`cvlc LingsirWengi.mp3`

Save script tersebut dengan nama alarm.sh atau terserah kamu. Jangan lupa setelah disave lalu di beri permission eksekusi chmod +x alarm.sh

Perhatikan $@ adalah line argument ketika file bash ini di eksekusi, misal ./alarm.sh “05:44:22″ yang menjadi line argument adalah 05:44:22 dalam bentuk string.

`date +”%T”` adalah perintah yang merupakan fungsi bawaan pada terminal Linux yang mengembalikan nilai waktu (jam:menit:detik).
Misalnya saat ini di komputer kamu pukul 22:12:43 , maka jika perintah `date +”%T”` dieksekusi di terminal akan mencetak 22:12:43 . Maka dapat diartikan perulangan until terus dilakukan hingga jam di komputer kamu sama dengan argumen yang kamu berikan, dimana argumen ini adalah jam alarm yang telah kamu tentukan.
Ketika perulangan until berhenti maka akan dijalankan perintah selanjutnya yaitu memutar musik mp3 menggunakan console vlc (cvlc) sesuai dengan lagu yang kamu tentukan.
`cvlv LingsirWengi.mp3` adalah perintah memainkan mp3, kamu dapat menggantinya sesuai keinginan kamu.

Penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mengetikkan perintah seperti ini di terminal
./alarm.sh "06:00:00"
 artinya alarm akan berbunyi saat jam 6 pagi. Catatan penting, jangan close terminal kamu yg sedang menjalankan script alarm.sh tersebut.



Referensi Blog Rio Chandra







1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete