Sunday, January 4, 2015

STNK Hilang ? Jangan panik

Happy new years all!
Tahun telah berganti, bulan telah berganti, hari telah berganti, akh apasih.

Oke ke pokok bahasan,
   Malam minggu itu 19 Desember 2014 STNK saya hilang jatuh ntah kemana, seingatnya pas keluar rumah STNKnya dikantong celana pramuka yg dipake malam itu, Keesokan harinya, hari minggu mau keluar nih, baru ketahuan kalo stnknya udah ga ada, panik banget nih, kena omel abis2an sama bokap katanya teledorlah, sembarangan lah, whateverlah, ane ubek2 kamar, kamar mandi, meriksa kantong celana, meriksa dompet, meriksa tas yg dipake malam minggu itu, ternyata semua ga ada. Masih panik banget nih, bokap ngancem kalo ga ada stnk ga boleh keluar, Panik banget nih bokap ngomong gitu, ah, ada sekitar 1 jaman ngubek2 isi rumah tapi hasilnya nihil. Nah waktu itu chatan sama doi ane, doi ngasih tau kalo ibunya pernah ngurus stnk abangnya yg hilang, dikasih tau gini2nya, ane kurang jelas jadi browsinglah pake keyword "cara mengurus stnk hilang' di mbah google, keluarlah banyak hasil pencarian, ane bukain satu2 akhirnya nemu wangsit, dijelasin step by stepnya dengan jelas. Karena itu hari minggu nyokap bilang ke bokap kalo minggu ga ada polisi, nah gw dibolehin tuh keluar ke rumah doi, karena waktu itu ada syukuran wisuda kakak doi, sebelum pergi gw jga ngasih tau ke bokap kalo ntar gw yg ngurus, gw minta KTP bokap(karena motor atas nama bokap), ane minta BPKB ke bokap, bokap bilang "enggak ada, masih di leasing" gw lupa kalo motornya masih kredit, nah menurut yg ane baca kalo motor masih leasing minta fotocopy bpkb dan surat pengantar bahwasanya motornya masih leasing dari tempat leasingnya. Oke berangkatlah ane kerumah doi ane itu.

  Besoknya, hari senin, ane mulai mengurus tetek bengek pembuatan stnk duplikat itu. Ini step2nya.

1. Datang ke tempat leasing minta fotocopy bpkb dan surat pengantar dari leasingnya, kebetulan tempat leasing ane itu a*ira, ane datang ke a*ira setempat, ane bilang stnk hilang sekalian nunjukin buku kreditnya, minta fotocopy bpkb dan surat pengantar. Disitu mereka langsung proses, dikenakan biaya administrasi Rp.5.000, setelah nunggu sekitar 15 menitan, semua tetep bengeknya jadi.

2. Datang ke Poltabes terdekat untuk minta surat pengaduan kehilangan STNK, syarat2nya fotocopy BPKB dan fotocopy ktp yg tertera di bpkb, Nah ga berapa lama jadi itu surat, anehnya sesuka mereka aja buat tanggal dan tempat hilangnya stnk disurat keterangan hilang itu, ane protes, katanya gak masalah, yaudah deh ane terima aja, nah pas ane terima suratnya mau ane letak dimap yg ada ditas ane ni, ane denger suara ghaib "Uang administrasinya 20ribu ya, dek", ane pura2 enggak denger, ane tanya balik " Apa, bu ?" dia ulangi lagi " uang administrasinya 20ribu", baru ane bilang "20ribu?" dijawabnya "iya", "adanya 10ribu ni bu, uangnya pun jelek" "ohyaudah gapapa, asalkan uang kertas aja", ane pamit kasih itu uang ga bilang terima kasih. Seharusnya yg beginian ga ada di kantor polisi.


0 Comments:

Post a Comment